Distanak Rohil dan Dandim Menghadiri Panen Raya

Administrator - Senin,17 Oktober 2016 - 09:14:29 wib
Distanak Rohil dan Dandim Menghadiri Panen Raya
Kegiatan panen raya di kecamatan Tanah Putih
RADARRIAUNET.COM - Kepala Distanak Kabupaten Rokan Hilir Ir.H.Muslim, bersama Dandin 0321 Rokan Hilir Letkol. Arh. Bambang Sukisworo, Camat Tanah Putih Suryadi SE, UPTD Distanak Kecamatan Tanah Putih Alexander SP, bersama rombongan melakukan panen raya jagung milik 17 orang kelompok tani dengan luas 15 Hetar, di Dusun Golamo, Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih, Pada Rabu(13/10/2016).
 
Ketua kelompok Tani Harapan Maju, Jumiran menceritakan, pada awalnya ia bersama rekan-rekannya bercocok tanam jangung hanya sendiri sendiri. "Pada saat itu saya ketemu dengan rekan saya bernama Ucok. Saya menanyakan bagaimana supaya kami yang bercocok tanam jagung dengan cara sendiri-sendiri ini mendapat bantuan dari pemerintah," katanya.
 
Dikatakanya bahwa rekanya itu mengusulkan supaya ia dan teman temannya membentuk kelompok tani dan membuat profosal untuk di ajukan kepemerintah. "Alhamdulilah, atas kerjasama sesama anggota kelompok tani kami mendapat bantuan dari pemerintah berupa bibit," terangnya.
 
Dari bantuan bibit tersebut lanjutnya, ia bersama rekan-rekannya mulai bercocok tanam, dan dari bercocok tanam itu bisa memanen hasil jagung yang ditanam. "Menjadi kendala sekarang adalah tempat memasarkan hasil panen dan banjir. Kami belum bisa mencari pengusaha yang mau membeli hasil tanaman jagung kami. Semoga dengan hadir nya Distanak Kabupaten bisa memberi solusi kepada kami untuk pemasaran nya," harapnya. Kadistanak Ir H Muslim memberikan apresiasi tinggi kepada kelompok tani khusus nya  di Kecamtan Tanah Putih, yang telah meningkatkan Swasembada pangan di Kabupaten Rokan Hilir. 
 
Didalam kesempatan panen raya jagung kelompok tani Harapan Maju, Muslim mengatakan sangat bersukur sekali karena Dandim 0321 Letkol. Arh Bambang Sukisworo bisa hadir, dan ikut serta dalam panen raya jagung kelompok tani Harapan Maju. "Program ini jangan hanya sampai di sini saja, kami mengharapkan program bercocok tanam ini bisa selalu aktif dalam menanam. Sampai kelompok tani Harapan Maju bisa mandiri nantik nya," kata Muslim. 
 
Ditambahkanya bahwa pihaknya juga akan berupaya mencari jalan keluar tentang keluhan Kelompok Tani Harapan Maju, tentang mengatasi banjir serta untuk pemasaran jagung itu. "Semoga saja dalam dalam waktu dekat ini kita temukan solusinya, sehingga ke depan kelompok tani bisa lebih maju dan lebih berjaya lagi ke depannya," paparnya. Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo mengatakan, bahwa motif kedudukan TNI di sini sebagai pendamping atau pendukung dan bukan komponen yang utama. 
 
"Hal pertanian ini merupakan wujud dari keinginan pemerintah. Kami dari TNI mengharapkan, pihak terkait bisa bersnirgi membantu Kelompok Tani Harapan Maju. Sehingga kelompok ini bisa bertahan untuk melengkapi kebutuhan banyak orang," harapnya. "TNI mengharapkan pemerintah daerah agar dapat bersinergi dan berkomitmen bersama masyarakat, untuk menwujudkan kemendirian dalam bertani. Sehingga terwujud dalam pertahanan pangan sebagai mana program pemerintah saat ini," katanya. 
 
 
Rusdy/radarriaunet.com