Pemko Dumai Bakal Bedakan Seragam Dinas PNS dan Honorer

Administrator - Sabtu,15 Oktober 2016 - 11:55:00 wib
Pemko Dumai Bakal Bedakan Seragam Dinas PNS dan Honorer
ilustrasi. roc

RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Kota Dumai tahun 2017 mendatang bakal membedakan seragam dinas antara pegawai negeri sipil dengan tenaga honorer atau tenaga kerja sukarela.

Penegasan itu disampaikan Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, kepada awak media. "Perbedaan seragam dinas ini kita lakukan agar masyarakat tahu mana PNS dan Honorer," katanya, Selasa (11/10/16).

Politisi Demokrat ini juga mengungkapkan komentar pedih yang ditujukan kepada tenaga honorer. "Banyak yang menilai sejumlah tenaga honorer berseragam sama dengan PNS itu lebih belagak," tegasnya.

Atas dasar itulah pihaknya bakal membedakan seragam dinas PNS dan honorer. Dengan adanya perbedaan seragam dinas itu, masyarakat bisa mengetahui kenirja mana yang dinilai kurang efektif di pemerintahan.

"Kalau baju seragamnya sama, masyarakat tidak dapat membedakan mana PNS dan honorer. Akibatnya, ketika terjadi permasalahan dalam pelayanan siapa yang musti disalahkan apakah PNS atau honorer," katanya.

Lagi pula membedakan seragam dinas ini terdapat di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 6 Tahun 2016 tentang perubahan ketiga atas Permendagri Nomor 60 Tahun 2007 tentang pakaian dinas PNS.

"Perbedaan seragam ini merupakan terapi mental kepada honorer nakal yang kerap memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi. Dari sisi ini kita dapat menilai apakah PNS atau Honorer yang kurang profesional," jelasnya.

Menurut dia, langkah ini sangat penting dilakukan demi menunjang pelayanan baik pemerintah kepada masyarakat. "Ini sangat penting, bila perlu Tenaga Non PNS itu diberikan warna merah atau warna khusus lainnya," ungkapnya.


rtc/fn/radarriaunet.com