Meranti Kini Miliki 19 Dinas dan 4 Badan, Ini Rinciannya...

Administrator - Sabtu,15 Oktober 2016 - 11:43:15 wib
Meranti Kini Miliki 19 Dinas dan 4 Badan, Ini Rinciannya...
ilustrasi. hal

RADARRIAUNET.COM - Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) tinggal disahkan dalam Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda). Karena telah tuntas dikerjakan oleh Panitia Khusus (Pansus).

Dalam pembahasan yang sudah tuntas dilaksanakan tersebut terdapat sebanyak 19 Dinas, 4 Badan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD dan Inspektorat, serta sebanyak 9 Kecamatan. Seluruhnya terdiri dari berbagai tipe. Mulai tipe A sampai tipe C.

"Kita sudah rapat finalisasi dan tuntas. Kita juga sudah ajukan ke Badan Musyarawah untuk segera di Perdakan," ungkap Ketua Pansus SOPD, Dedi Putra SHi ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/10/2016) sore.

Dia mengaku terjadi keterlambatan dalam penyelesaian SOPD tersebut. Hal itu terjadi karena menunggu nomenklatur dari kementrian.

"Target awal kita sahkan pada akhir september. Namun terpaksa diundur karena menunggu nomenklatur. Tapi saat ini sudah selesai," ujarnya.

Dedi mengharapkan dengan adanya perampingan struktur di Pemerintahan tersebut dapat terjadi efisiensi anggaran. Namun tetap tidak meninggalkan fungsi pelayanan yang maksimal.

"Dengan struktur ini kita mengedepankan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Makanya kita minta nantinya dijalankan dengan baik," katanya.

Efektif 2017
Dengan telah tuntasnya pengerjaan Ranperda SOPD Pemerintah akan segera memprosesnya. Sehingga bisa ditetapkan dan disesuaikan dengan pejabat yang ada.

Sekda, Drs H Iqaruddin MSi menyebutkan setelah disahkan menjadi Perda nantinya pihaknya akan segera memprosesnya dan menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai dasar untuk pelaksanaan SOPD baru secara teknis.

"Pokoknya dalam tahun 2016 ini sudah tuntas nantinya. Sehingga SOPD baru bisa efektif dilaksanakan pada tahun 2017," sebut Sekda didampingi Kabag Ortal Sariah S Sos MM ditemui diruang kerjanya, selasa (11/10).

Dia menjelaskan dengan SOPD baru diharapkan terjadi efisiensi. Dimana SOPD baru bisa kaya fungsi, namun hemat struktur. "Jika sudah diparipurnakan, kami akan segera memprosesnya dengan menyampaikan ke Pemerintah Provinsi untuk diverifikasi dan dilanjutkan diregister di Kemendagri. Mudah-mudahan berjalan lancar," optimis Iqaruddin.


hal/fn/radarriaunet.com