Luar Biasa, Dumai Peringkat 16 di Indonesia Penyebaran Virus HIV

Administrator - Sabtu,15 Oktober 2016 - 11:40:07 wib
Luar Biasa, Dumai Peringkat 16 di Indonesia Penyebaran Virus HIV
Luar Biasa, Dumai Peringkat 16 di Indonesia Penyebaran Virus HIV. gor

RADARRIAUNET.COM - Kota Dumai masuk peringkat 16 di Indonesia terkait virus HIV/AIDS. Pasalnya kota Pelabuhan dan Industri ini cukup banyak terdapat tempat hiburan malam dan seks bebas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Paisal mengatakan bahwa orang yang terjangkit virus mematikan yang terdata hanyalah sebagian kecil saja. Menurutnya, masih banyak yang belum terdata sehinga penularannya cukup banyak.

"Untuk saat ini Dumai berada diperingkat ke 2 di Provinsi Riau setelah kota Pekanbaru, dan di Indonesia peringkat ke 16 dari 33 provinsi masalah penyakit HIV/AIDS ini," kata mantan Dirut RSUD Kota Dumai ini, Selasa (11/10/16).

Kata Paisal, orang yang jerangkit virus tersebut di Dumai saat ini yang terdata sebanyak 328 orang, dan sebanyak 153 orang telah meninggal dunia akibat virus dari bergaulan bebas dan seks bebas, serta narkoba tersebut.

Padahal, kata dia, sudah sering dilakukan penyuluhan dan pendataan tentang virus mematikan ini bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Dumai dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"Epidermis atau penyebaran virus yang belum ditemui obat ini terkonsentrasi yang lebih dari lima persen pada kelompok yang beresiko tinggi dari pekerjaannya. Yang bersiko tinggi adalah Wanita Pekerja Seks (WPS), Waria, Lelaki Seks Lelaki (LSL) dan juga warga binaan," katanya kembali.

Kembali dikatakannya, untuk menekan angka penularan virus tersebut dibutuhkan peran serta seluruh element masyarakat yang ada di kota Dumai, dikarenakan keterbatasan petugas dilapangan.


rtc/fn/radarriaunet.com