Pemkab Rohil Terus Perhatikan Petani Perkebunan

Administrator - Jumat,14 Oktober 2016 - 09:37:09 wib
Pemkab Rohil Terus Perhatikan Petani Perkebunan
ilustrasi. tmp
RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), kembali menjalankan program bantuan bagi kalangan petani perkebunan di daerah  Rokan Hilir, salah satunya dengan memberikan bantuan bibit kelapa sawit secara gratis kepada masyarakat petani.
 
Bukan hanya bantuan bibit kelapa sawit, perhatian pemerintah daerah di bidang infrastruktur seperti jalan menuju ke sentra-sentra perkebunan petani juga digalakkan. Hal itu dikatakan Bupati Rohil H Suyatno, di Bagansiapiapi.
 
"Hampir di setiap kecamatan di Rokan hilir diprogramkan oleh pemerintah daerah penimbunan jalan perkebunan," kata Bupati.
 
Program pembangunan jalan tersebut merupakan upaya pemerintah daerah guna untuk menyejahterakan petani perkebunan, dengan terbangunnya jalan yang ada di kawasan perkebunan tentunya dapat memudahkan petani untuk mengeluarkan hasil panennya, dan harga jual Tandan Buah Sawit (TBS) petani perkebunan bisa pula lebih meningkat.
 
"Program Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, selain menyiapkan kebun K2i, Pemeintah daerah juga memberikan bantuan bibit kelapa sawit bagi petani perkebunan. Program ini disasarkan kepada petani perkebunan yang memiliki lahan yang tidak begitu luas. Pembagian bibit dilakukan secara merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir," jelas Bupati.
 
Beberapa tahun belakangna ini, ribuan batang bibit sawit telah disalurkan oleh pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Perkebunan Rokan Hilir kepada masyarakat petani perkebunan.
 
Seperti penyaluran 12.000 batang bantuan bibit kelapa sawit kepada empat kelompok tani yang ada Kecamatan Simpang Kanan. "Maksud program tersebut untuk meningkatkan kwalitas tanaman masyarakat kelompok tani. Penyaluran diutamakan kepada tanaman yang layak diremajakan sehingg dengan harapan petani untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan, Drs. Syahril mengatakan, program bantuan bibit ini sasarannya adalah kalangan petani perkebunan yang memang memiliki lahan tidak cukup luas.
 
Menurutnya pembagian bibit tersebut akan dilakukan secara merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. Beberapa tahun belakangan ini pemerintah sudah pembagikan bibit di seluruh kecamatan, jelasnya.
 
Pembagian bibit kelapa sawit ini dilakukan sesuai dengan permintaan masing-masing kelompok tani di tiap-tiap kecamatan. "Bibit sawit yang dibagikan berusia 1-2 tahun yang sudah dibagikan yakni ada 10 ribu batang. Bibit ini dibagikan melalui pihak kepenghuluan /kelurahan kecamatan dan kelompok tani," jelasnya. 
 
Apalagi sawit merupakan salah satu komoditi yang menonjol dan cocok dengan tekstur tanah yang ada di berbagai kecamatan di Rokan Hilir. Bahkan negri Rohil juga dikenal dengan sebutan "Kota Sawit".
 
"Perkebunan di Kabupaten Rokan Hilir memiliki potensi yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan sektor lainnya. Wilayah perkebunan yang sangat luas di Kabupaten Rokan Hilir menjadi salah satu faktor pendorong tingginya produktifitas komoditas perkebunan. Produktifitas perkebunan yang ada di Kabupaten Rohil terdiri dari komoditas kelapa sawit, kelapa, karet, kopi, pinang dan cokelat," kata Syahril. 
 
 
Rusdy/radarriaunet.com