Meski Kasusnya Belum Ada di Meranti, Kadiskes Imbau Warga Waspadai Virus Zika

Administrator - Kamis,13 Oktober 2016 - 11:30:31 wib
Meski Kasusnya Belum Ada di Meranti, Kadiskes Imbau Warga Waspadai Virus Zika
Kepala Diskes Kepulauan Meranti, dr Irwan Suwandi. gor

RADARRIAUNET.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Kepulauan Meranti mengimbau warga untuk mewaspadai virus zika. Virus ini tidak meatikan, namun efeknya sangat berbahaya bagi manusia.

"Yang jelas, untuk Kabupaten Kepulauan Meranti sampai hari ini belum ada korban dari virus zika," kata dr Irwan Suwandi.

Meski belum ada di Meranti, tapi Ia mengajak sekaligus mengimbau warga untuk mewaspadainya. Sebab, tambah Irwan Suwandi lagi, efek Virus Zika sangat bahaya terutama bagi ibu yang sedang hamil. "Kalau ibu hamil terkena virus zika, ketika melahirkan kepala bayi nya mengecil dan sangat mengerikan sekali," kata Irwan lagi.

Meski tidak mematikan, tetapi warga diminta tetap waspada. Apalagi Kepulauan Meranti berdekatan dengan Negara tetangga seperti Singapura. Dimana, banyak masyarakat di Singapura sana sebagian sudah terinfeksi virus zika.

Selain diminta mewaspadai virus zika, masyarakat juga diimbau menjaga kebersihan lingkungan. Ini sebagai antisipasi atas kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Diakui Irwan, tahun 2015 kemarin kasus DBD sebanyak lebih kurang 300 orang, sedangkan tahun 2016 mencapai lebih kurang 166 orang.


gor/fn/radarriaunet.com