Masyarakat Ingatkan Perlu Antisipasi Terjadinya Abrasi

Administrator - Rabu,12 Oktober 2016 - 09:40:25 wib
Masyarakat Ingatkan Perlu Antisipasi Terjadinya Abrasi
ilustrasi. kampus-info
RADARRIAUNET.COM - Masyarakat di daerah Parit Kecil, desa Rantau Kopar, Kecamatan Rantau Kopar, mendesak Pemkab Rohil melalui dinas terkait bisa membangun turap untuk mengantisipasi terjadinya abrasi. "Karena kami khawatir, apabila tidak dibangun cepat turap. Rumah kami yang ada di sekitar parit ini akan kena abrasi nanti," kata Suwar (52) warga sekitar, Senin (10/10). 
 
Menurutnya pada saat kemarau ini tanah tidak akan roboh. Namun, apabila setelah terjadi banjir nanti, akan kembali terjadi abrasi. "Meskipun sedikit-sedikit terjadi abrasi itu. Tapi, apabila sering-sering. Maka, tidak menutup kemungkinan abrasi akan semakin dekat dekat rumah kami," katanya.
 
Senada diungkapkan Bahar (67). Menurutnya, abrasi yang pernah terjadi membuat aspal yang ada di depan rumah ia dan warga lainya menjadi retak. "Untung saja masih ada di halang aspal. Kalau tidak, saya yakin abrasi akan cepat sampai ke rumah kami," jelasnya.
 
Untuk itu ia bersama masyarakat lainya sangat berharap kepada Pemkab Rohil, bisa segera membuat turap di dekat Parit Kecil itu. "Rasanya wajar kami mendesak Pemkab Rohil. Sebab kami juga masyarakat Rohil yang juga butuh perhatian seperti daerah lainya. Ditambah lagi, akibat abrasi air di Parit Kecil ini menjadi kering tertimpa tanah abrasi itu," terangnya.
 
Ditambahkannya, bahwa beberapa bulan lalu, warga sekitar bersama pemerintah Kepenghuluan Rantau Kopar dan pemerintah Kecamatan Rantau Kopar, sudah pernah menggelar gotong royong untuk membangun turap dengan peralatan kayu ala kadarnya. "Namanya juga dibuat dari kayu, tentunya cepat lapuk. Untuk itu, kami berharap dinas terkait bisa membuat turap pakai semen ataupun pakai besi. Sehingga, turap itu bertahan lebih lama," paparanya.
 
Camat Rantau Kopar, Ramlan merasa prihatin dengan apa yang disampaiak masyarakat tersebut. "Kita telah usulkan ke pihak terkait, namun belum terealisasikan juga. Kendati demikian, kedepan akan kita usulkan lagi," pungkasnya. 
 
 
Rusdy/radarriaunet.com