Pembangunan Jalan dan Jembatan Rohil 2017, Rp417 Miliar

Administrator - Sabtu,08 Oktober 2016 - 11:04:19 wib
Pembangunan Jalan dan Jembatan Rohil 2017, Rp417 Miliar
ilustrasi.rbc
RADARRIAUNET.COM - Pemerintah kabupaten Rokan Hilir bakal dapat kucuran dana sejumlah Rp417 Miliar ditahun 2017 mendatang dari APBD Provinsi Riau guna pembangunan jalan dan jembatan lintas pesisir.
 
Hal itu dikatakan Bupati Rokan Hilir H Suyatno disela -sela kata sambutan dalam sidang paripurna yang digelar oleh DPRD Rokan Hilir acara HUT Rokan Hilir ke 17 digedung serbaguna Bagansiapiapi.
 
Kata Bupati Suyatno, Provinsi Riau berencana akan mengucurkan dana Rp417 Miliar untuk pembangunan Jalan Lintas Pesisir Kabupaten Rokan Hilir yang dimulai dari Pedamaran hingga ke Kualo Kubu.
 
"Dana sebesar Rp417 Miliar itu rencananya akan dikucurkan pada 2017. Kalau sudah dibangun Jalan Lintas Pesisir ini tentu jarak tempuh menuju Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara tidak lagi memakan waktu 17 jam, malahan lebih kurang tujuh jam perjalanan," kata Bupati Rohil.
 
Menurutnya, jika pembangunan Jalan Lintas Pesisir yang dimulai dari Jembatan Pedamaran II menuju Kecamatan Pekaitan, Kubu, Pasir Limau Kapas hingga ke Labuhan Batu Selatan selesai, Pemkab Rohil akan melanjutkan pembangunan Jalan Lintas Sinaboi Dumai.
 
"Kami akan coba menelusuri Jalan Lintas Sinaboi Dumai dengan kenderaan roda dua guna melihat seperti apa kondisi jalan tersebut. Karena informasi yang saya dengar tanah disana banyak digarap," kata Bupati.
 
Dia menilai apabila kedua jalan lintas pesisir tersebut sudah terbuka Kabupaten Rokan Hilir tidak akan menjadi negeri yang terisolir.
 
Bukan hanya itu Pemkab Rohil saat ini juga sedang melakukan pembangunan Jalan Lintas Pesisir dari Tugu Elang Batu Enam, Bagansiapiapi menuju Jalan Lingkar ke pelabuhan nelayan sepanjang enam kilometer.
 
"Jalan lintas pesisir ini dibangun sebagai jalan alternatif menuju Bagansiapiapi," katanya.
 
Pembangunan jalan lintas pesisir khususnya menuju ibukota kabupaten sebagai jawaban atas perbaikan infrastruktur jalan yang saat ini masih buruk dibeberapa kecamatan seperti jalan penghubung yang menjangkau ke arah Pedamaran II, Kecamatan Pekaitan, Kubu, Kubu Babussalam hingga ke Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas.
 
"Selain itu Pemprov juga akan mengucurkan bantuan sekitar Rp142 Miliar. Tentunya kami usulkan untuk program skala prioritas pembangunan infrastruktur jalan seperti Jalan Simpang Pujud-Bagan Sinembah, termasuk jalan lintas Bagan Sinembah-Simpang Kanan juga rusak parah. Jalan lintas seperti ini yang harus jadi prioritas kita bersama kedepannya," kata Bupati. 
 
 
rbc/radarriaunet.com