Said Hasyim: Saya akan Fasilitasi Pemuda Sharing Program dengan Semua SKPD

Administrator - Jumat,07 Oktober 2016 - 12:39:43 wib
Said Hasyim: Saya akan Fasilitasi Pemuda Sharing Program dengan Semua SKPD
Pengurus DPD KNPI Meranti Dilantik, Said Hasyim: Saya akan Fasilitasi Pemuda Sharing Program dengan Semua SKPD. gor

RADARRIAUNET.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim, berjanji akan memfasilitasi pemuda di Kota Sagu untuk sharing program ke semua SKPD yang ada di lingkungan pemerintahan. Ini merupakan dukungan nyata dari Pemkab agar Pemuda di Kepulauan Meranti tidak bermimpi menjadi honorer, namun membangkitkan jiwa enterpreneurnya.

"Jangan harapkan bantuan dari SKPD. Ajukan program kerja yang cerdas dan matang ke sana," kata Said Hasyim dalam sambutannya saat menghadiri pelantikan pengurus DPD KNPI Kepulauan Meranti, Selasa (4/10/2016) di Afifa Jalan Banglas Selatpanjang, Riau.

Kata Said Hasyim, jika Pemuda di Kepulauan Meranti sudah mengajukan program kerja yang cerdas dan matang, Ia siap mengarahkan semua SKPD, sesuai dengan potensi usaha yang dipresentasekan oleh pemuda. Nantinya, program yang dicanangkan itu, jika memang dianggap perlu dan segera diwujud di Kota Sagu, maka SKPD diminta untuk segera merealisasikan sharing (program, red) dari pemuda.

"Intinya jangan minta, tapi bahasanya kerjasama. Beri saya Pemuda, kita guncang meranti," kata Said Hasyim lagi sambil menirukan gaya sang proklamator Soekarno, Presiden pertama di Negara Indonesia.

Sebelumnya, dalam sambutan Ketua DPD KNPI Kepulauan Meranti Hanafi SSos, juga telah menyinggung terkait beberapa usaha yang saat ini sudah ditekuni pemuda yang tergabung dalam kepengurusan KNPI, meski belum dilantik.

Selain menyampaikan program kerja, DPD KNPI Kepulauan Meranti juga berencana melayangkan surat untuk hearing dengan anggota legislatif. Kata Hanafi pula, ada beberapa hal yang mereka anggap harus segera dicarikan jalan keluar. Seperti ketenagakerjaan, kejelasan masalah pungutan retribusi, dan beberapa masalah sosial yang selama ini banyak mereka terima dari masyarakat setempat.

"Masalah retribusi ini, kedepannya harus jelas. Mana-mana saja jenis usaha yang ada izinnya dan mana yang belum. Jangan hanya bisa duduk di kursi dewan, sementara tidak bisa menambah PAD di Kepulauan Meranti," kata Hanafi.

"Begitu juga dengan ketenagakerjaan. Kita desa DPRD segera membuat Perda nya. Hari ini pemuda Meranti siap bersaing dengan pemuda lain. Di sini ada empat perusahaan besar. Masalah ketenagakerjaan ini sangat terasa setelah Uni Seraya tutup, ribuan tenaga kerja kita jadi penganggur. Ini harus dicarikan solusi, jangan dibiarkan begitu saja," tambah Hanafi lagi.

Terkait dengan usaha yang akan disoundingkan ke SKPD di Kepulauan Meranti, diharapkan juga kepala SKPD nantinya bisa membantu sebagaimana yang disampaikan Wakil Bupati, Said Hasyim.

Hal sama juga disampaikan Ketua KNPI Provinsi Riau Ari Nugroho Arsadianto. Kata Ari, perubahan itu memang berada di tangan pemuda. Terkait saat ini pemuda lebih ke arah kewirausahaan, tentu perlu pula dorongan semangat dari kepala SKPD maupun pejabat setempat. Untuk itu diharapkan juga agar semuanya memberikan bimbingan maupun kemudahan-kemudahan dalam urusan.

"Adik-adik ini perlu bimbingan juga. Pak Wabup dan Kepala SKPD diharapkan bisa memberikan kemudahan lah kepada adik-adik ini," harap Ari.

"Selain berwirausaha, jangan lupa organisasi. Manfaatkan selama kita beradad di KNPI, elesai dari sini kita harus besar, biar terkenal dan keren. Siapa tau nantinya diantara kita ada yang jadi dewan, dengan semangat dan program yang keren ini. Tadi saya lihat pengurus KNPI sini sangat laju (dalam hal usaha, red)," kata Ari juga.

Terlihat hadir dalam pelantikan itu, Sekda Kepulauan Meranti Drs Iqaruddin MSi, Asisten III T Akhrial, Asisten II Anwar Zainal, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIk, Ketua PKK Nirwana Sari SE, beberapa pejabat lain, pengurus KNPI Provinsi Riau, dan para undangan.


gor/fn/radarriaunet.com