Peringatan HUT TNI di Rohil Berlangsung Secara Sederhana

Administrator - Kamis,06 Oktober 2016 - 09:02:50 wib
Peringatan HUT TNI di Rohil Berlangsung Secara Sederhana
Dadim 0321 memotomg tumpeng HUT TNI disaksikan oleh Forkopimda.
RADARRIAUNET.COM - Kodim 0321 Rokan Hilir menggelar acara syukuran HUT TNI ke 71 tahun 2016, acara digelar di halaman Makodim, Bagansiapiapi, Rabu (5/10/2016) pagi. 
 
Dandim 021 Letkol Arh Bambang Sukisworo menjadi Inspektur Upacara (Irup) yang dihadiri Forkopimda Rohil dan sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP). "Kami bekerja untuk bangsa karena kami mengakui bahwa kami kerja gajinya berasal dari masyarakat," kata Dandim.
 
Dalam amanat Penglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Menurutnya dalam amanah yang dibacakan, prajurit TNI wajib memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat, terutama menjaga NKRI. Melalui tema 'Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian' para prajurit diharapkan bisa lebih menjaga hubungan erat dengan masyarakat. 
 
"Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi," kata Dandim.
 
Pada peringatan ke-71 hari TNI tahun 2016, menurut Bambang memang tidak dilaksanakan secara terpusat. Upacara dilaksanakan tingkat daerah secara sederhana. Alasannya kesederhanaan lebih bisa membangun rasa peduli terhadap sesama disetiap anggota TNI. "Semoga dalam kegiatan kali ini tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan," kata dia.
 
Ia mengingatkan, setiap prajurut dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Tindakan negatif sekecil apapun akan mengganggu bahkan merusak nama baik TNI. 
 
Bambang berharap, pada tahun ini prajurit TNI dan masyarakat bisa lebih memiliki erat. Profesional kerja menjadi tuntutan utama. Pihaknya tidak ingin nama baik TNI tercemar oleh perilaku oknum anggota yang melakukan tindakan pelanggaran hukum.
 
"Intinya prajurit harus senantiasa profesional. Kita ingin terus memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," lanjutnya. 
 
Selain itu menyoroti kesejahteraan para prajurit TNI mendapatkan perhatian dari pemerintah. Pada bulan Oktober 2015 pemerintah sendiri telah mengabulkan kenaikan tunjangan kinerja atau remunerasi.
 
"Ini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan para prajurit dan keluarganya. Selain itu juga telah diwujudkan dalam pembangunan rumah susun maupun perumahan non dinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana dan sehat," terangnya.
 
Terpisah bupati Rohil H Suyatno mengaku keberadaan Kodim Rohil sudah lama dinati oleh masyarakat Rohil. Bahkan, ia bahkan mengakui dengan adanya banyak prjurit TNI di Rohil memberikan rangsangan kepada masyarakat lebih bersemangat. "Ini acara perdana semenjak Kodim berdiri harapan kita tentunya bisa terus berdampingan dengan masyarakat untuk menjadi NKRI di wilyah Rohil," pungkasnya. 
 
 
Rusdy/radarriaunet.com