Komisi C Ajukan Ranperda Inisiatif Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah

Administrator - Senin,29 Agustus 2016 - 10:39:59 wib
Komisi C Ajukan Ranperda Inisiatif Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah
ilustrasi. rmn
RADARRIAUNET.COM - Komisi C DPRD Riau mengajukan ranperda inisiatif tentang penyelenggaran kerja sama daerah. Ranperda itu diharapkan menjadi dasar hukum Pemprov Riau dalam membangun kerja sama dengan pihak swasta maupun pihak asing.
 
Juru bicara komisi C DPRD Riau Yulianti menjelaskan, prinsip ranperda tersebut sesuai UU otonomi daerah. Dalam penyelenggaran otonomi daerah, diketahui bahwa daerah sendiri yang mengatur daerah untuk kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan prinsip demokrasi. "Isi klausul itu memerintahkan kepada penyelenggara pemda otonomi daerah, bukan hanya pelimpahan kewenangan pusat ke daerah," ungkapnya.
 
Lebih lanjut disampaikannya, daerah harus menata dan membangun sendiri dirinya dengan politikal wilayah atau niat pemimpin dalam membangun daerahnya. Selain itu, daerah harus berinovasi untuk membangun daerahnya untuk meningkatkan kesejahteraannya.
 
Dalam rangka melakukan pembangunan di daerah, kepala daerah bisa bekerja sama dengan pihak-pihak lain dan tidak hanya bersumber dari APBD daerah saja. "Untuk itu, dalam kerja sama pembangunan daerah itu perda aturan yang mengatur hal tersebut. Maka dari itu, komisi C berinisiatif membuat perda penyelenggaraan kerja sama daerah itu," pungkasnya. 
 
 
teu/rpg/radarriaunet.com