Mahasiswa Pekanbaru Juara Pidato KB Tingkat Nasional

Administrator - Kamis,20 Agustus 2015 - 12:54:21 wib
Mahasiswa Pekanbaru Juara Pidato KB Tingkat Nasional

Pekanbaru,   (RRN) - Badan Pemberdayaan Perempuan, Masyarakat dan Keluarga Berencana, mengatakan, mahasiswa Universitas Riau asal Kota Pekanbaru, Jamin, keluar sebagai juara pertama lomba pidato Keluarga Berencana tingkat nasional.

"Jamin merupakan anggota Pusat Informasi Konseling (PIK) Sehati. Berhasil juara ditingkat dewasa muda yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke-70," ungkap Kepala  BPPMKB, Kota Pekanbaru, M. Amin, di Pekanbaru, Selasa.

M. Amin menjelaskan, ini kali pertama mahasiswa Pekanbaru berhasil ditingkat nasional.  Setelah melalui kerja keras dan seleksi ketat dari tingkat kota dan Provinsi Riau.  
   
Atas prestasinya tersebut, terang M. Amin,  Jamin telah ke Istana Negara untuk mengikuti detik-detik Proklamasi bersama Presiden RI, Joko Widodo.

Tidak hanya itu, prestasi lainnya yang diukir Pekanbaru adalah PIK Remaja Sukajadi juga berhasil menjadi juara dua nasional bidang pusat penyuluhan.

Diterangkan M Amin, keberhasilan Jamin tersebut dilalui dengan penuh perjuangan. Dimana mulai dengan lomba di tingkat Kota Pekanbaru, selanjutnya behasil menjadi juara di tingkat Provinsi Riau. Akhirnya, di Jakarta, Jamin unggul dari puluhan peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia dan menjadi yang terbaik.

Keberhasilan ini berkat pengembangan program KB di Pekanbaru, dimana salah satu programnya bina keluarga remaja dengan PIKnya.

Menurut M. Amin, selama ini  BPPMKB di Pekanbaru terus melakukan inovasi untuk pemberdayaan masyarakat.

Misalkan pemberdayaan bidang ekonomi, melalui UEK-SP. Untuk KB, perempuan dan anak pihaknya  membuka pos konseling P2TP2A.

"Bagi orangtua dan anak yang belum mendapatkan haknya silahkan melakukan konseling ke P2TP2A," bebernya.

Bidang lain juga yang menjadi pengembangan BPPMKB yakni pemberdayaan teknologi tepat guna dan sumberdaya alam.

"Pemberdayaan kita ada tiga, ekonomi, SDM dan kelembagaan," pungkasnya.(lusi)