Pasar PC Diprediksi Turun Lagi

Administrator - Senin,18 Juli 2016 - 10:25:15 wib
Pasar PC Diprediksi Turun Lagi
ilustrasi mouse komputer. kps

RADARRIAUNET.COM - Angka pengapalan PC di seluruh dunia diprediksi kembali menurun. Dalam estimasi awalnya, lembaga riset pasar Gartner mencatat sejumlah 64,3 juta unit PC dikapalkan secara global pada kuartal kedua 2016, lebih rendah 5,2 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Sebagaimana dirangkum awak media, Kamis (14/7/2016), apabila prediksi Gartner akurat, maka pengapalan PC dunia telah menurun kuartal demi kuartal sebanyak tujuh kali berturut-turut.

“Salah satu masalah di pasar PC adalah peningkatan harga di beberapa wilayah akibat melemahnya nilai mata uang setempat dibanding dollar AS,” sebut principal analyst Gartner, Nikako Kitagawa.

Pengapalan PC disebutkan menurun di semua wilayah pasar kecuali Amerika Utara. Di Amerika Latin, pengapalan PC diprediksi menurun hingga menjadi di bawah 5 juta unit pada kuartal kedua 2016, atau 20 persen lebih rendah dibanding kuartal kedua 2015.

Keluarnya Inggris dari Uni Eropa belum menunjukkan dampak signifikan terhadap pasaran PC pada kuartal terakhir, namun Gartner memprediksi persitiwa 'Brexit' bisa ikut menggoyang ekonomi, termasuk bagi wilayah-wilayah lain di luar Eropa.

Dari urutan vendor, masih menurut estimasi Gartner, Lenovo mempertahankan posisinya sebagai pabrikan PC terbesar meski angka pengapalannya turun sebesar 2,2 persen.

Urutan kedua dan ketiga masing-masing ditempati HP dan Dell, sementara Asus, Apple, dan Acer duduk di tiga peringkat setelahnya.

Angka pengapalan PC lansiran Gartner turut mencakup produk-produk desktop, notebook, dan ultramobile premium, tapi tidak menyertakan Chromebook dan iPad.


kps/fn/radarriaunet.com