DPRD Provinsi Riau, Komisi A Sidak ASN Pemprov Riau

Administrator - Rabu,13 Juli 2016 - 14:23:12 wib
DPRD Provinsi Riau, Komisi A Sidak ASN Pemprov Riau
Komisi A DPRD provinsi Riau melalui Drs. Suhardiman. rec
RADARRIAUNET.COM - Pada hari kedua kerja seluruh PNS di lingkungan pemprov Riau usai libur panjang hari raya Idul Fitri 1437 H, kini  kembali menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ASN yang melayani masyarakat.
 
ASN atau Aparatur Sipil Negara adalah merupakan SDM yang keberadaannya diperuntukkan sebagai pegawai atau petugas yang melaksanakan segala aktifitas dan penyelenggaraan pemerintahan dengan berbagai bentuk dan kepentingan masyarakat dibidang pelayanan publik.
 
Dalam UU Nomor. 5 Tahun 2014, secara jelas dan terang  telah diatur berbagai ketentuan dan peraturan kerja terkait ASN. Dalam kaitannya sebagai pelaksana pelayanan publik, diharuskan bagi seluruh ASN untuk berjiwa pengabdian terhadap negara, bukan saja hanya pada sekedar tingkat kehadiran pegawai, melainkan juga harus didukung dari segi motivasi dan kedisplinan kerja pegawai.
 
Harapan dan tujuan ini tidaklah dapat terwujud, tanpa pengabdian dan pengorbanan. Namun alih-alih berkorban, ternyata ASN di lingkungan pemprov Riau justru menunjukkan sikap tidak terpuji dan telah menunjukkan perilaku yang melanggar undang-undang dan ketentuan kerja PNS.
 
Hal yang terdengar di lingkungan pemprov Riau setelah usai libur panjang adalah disinyalir adanya beberapa oknum pegawai yang hingga hari kedua masuk kerja setelah lebaran ternyata belum juga hadir untuk menjalankan tugasnya seperti biasa. Hal itu di ungkapkan oleh pihak Komisi A DPRD provinsi Riau melalui Drs. Suhardiman, dalam program Sidak yang dilakukan di bagian humas pemprov Riau hari ini, Selasa 12/7/2016.
 
Sidak ini dilakukan berdasarkan adanya laporan bahwa dalam tingkat kehadiran PNS disebutkan lebih rendah dibanding dengan THL. 
 
"Kami mendapatkan laporan seperti itu, bahwa justru THL yang lebih banyak hadir dibanding PNS," kata Suhardiman.
 
Selain karena laporan yang diterima, Komisi A dalam pelaksanaan sidak ini juga bertujuan ingin memberikan penilaian terhadap kinerja dan tingkat kedisiplinan pegawai di jajaran ASN Pemprov Riau.
 
Dari hasil sidak yang dilakukan komisi A DPRD provinsi ini, ditemukan beberapa nama yang kosong pada buku Absen yang diperiksa oleh pihaknya. Untuk memastikan perihal kekosongan tersebut, Suhardiman bersama temannya terpaksa harus membawa buku Absen pihak humas pemprov, ke DPRD provinsi untuk diteliti lebih lanjut.
 
 
Feri Sibarani, STP/radarriaunet.com