Loew: Format 24 Tim Turunkan Kualitas Pertandingan

Administrator - Sabtu,09 Juli 2016 - 04:18:10 wib
Loew: Format 24 Tim Turunkan Kualitas Pertandingan
Jaochim Loew kritik kebijakan UEFA gunakan format 24 tim di Piala Eropa 2016. REUTERS/Darren Staples/Cnn
RADARRIAUNET.COM - Pelatih tim nasional Jerman Joachim Loew mengkritik kebijakan otoritas sepak bola Eropa (UEFA) yang menggunakan format 24 tim peserta di Piala Eropa 2016. Jumlah tersebut dianggap terlalu banyak dan mengurangi kualitas pertandingan.
 
Jerman sendiri tersingkir di babak semifinal setelah kalah 0-2 dari tim tuan rumah, Perancis, lewat sepasang gol Antoine Griezmann. Padahal, Die Mannschaft tampil memesona di fase sebelumnya.
 
Loew mengaku tidak menyukai format 24 tim. Di mana dua tim teratas dari masing-masing grup ditambah empat tim peringkat terbaik berhak melaju ke babak 16 besar.
 
“Saya rasa 24 tim terlalu banyak. Piala Dunia juga akan menambahkan peserta menjadi 40 tim dan bakal lebih banyak lagi,” kata Loew kepada Sport1.
 
“Ini akan menjadi masalah jangka panjang. Terkadang Anda merasa hal ini tidak membawa dampak baik pada sepak bola. Kualitasnya menderita.”
 
Hal tersebut juga diamini Mats Hummels yang harus absen menghadapi Perancis karena akumulasi kartu kuning. “Kualitas Piala Eropa kali ini tidak seperti yang kami harapkan,” ujarnya.
 
Pemain Bayern Munich itu juga menilai kebijakan ini membuka celah bagi tim-tim gurem untuk bermain bertahan untuk mengamankan jatah peringkat terbaik.
 
Islandia menjadi salah satu tim yang lolos hingga ke perempat final dengan karakter bermain defensif mengandalkan serangan balik. Inggris menjadi tumbalnya di babak 16 besar sebelum akhirnya kandas di tangan Perancis dengan kekalahan mencolok 2-5.
 
cnn/H24