Segmen Komersial Lebih Ideal Buat Tata Motors

Administrator - Sabtu,11 Juni 2016 - 08:15:43 wib
Segmen Komersial Lebih Ideal Buat Tata Motors
tatamotors.co.id

RADARRIAUNET.COM – Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan mobil-mobil penumpang Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) terekam terakhir pada Desember 2015. Itu artinya, mulai 2016, wakil perusahaan otomotif terbesar asal India itu mulai konsentrasi pada mobil komersial.

Saat pertama kali memperkenalkan diri lewat Indonesia International Motor Show 2013 silam, TMDI membawa tiga mobil penumpang, yakni hatchback Vista, SUV Aria dan SUV Storme, kemudian diikuti model mobil komersial. Pada tahun pertama penjualan kedua segmen seimbang, namun pada tahun berikutnya kelihatan lebih berat ke mobil komersial.

“Stok unit mobil penumpang Tata kini sudah habis. Sementara impor belum dibuka lagi, kami masih fokus di mobil komersial,” ujar Wilda Bachtiar, Marketing Manager-Commercial Vehicle TMDI, di Jakarta, Kamis (8/6/2016). Dikatakan WIlda, penjualan mobil penumpang hampir 500 unit.

Beralih ke mobil komersial merupakan pandangan realistis sekaligus bentuk penyesuaian pasar. “Nah, ketika pasar kondisinya sedang seperti apa, ya kami menyesuaikan sehingga kami tidak hanya istilahnya jangka pendek, maunya jangka panjang,” jelas Wilda.

“Ngomong jangka panjang kan berarti dealer-dealer kami harus berpikir strategi di mana pasar itu mengarah. Nah disitu kami main,” papar Wilda lagi.

Segmen mobil komersial dirasa lebih cocok dengan bisnis TMDI. Peralihan fokus ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2015. Selama setahun penuh, kontribusi mobil komersial mencapai 80 persen. Model paling laris adalah pikap kecil, Super Ace.

Pada 2015, pasar TMDI tumbuh 32 persen. Padahal, seperti kita ketahui bersama, pasar otomotif nasional turun 14 persen.

“Seperti tahun kemarin, strategi kami cocok dengan hasil yang kami dapat. Komersial juga tidak semuanya bertumbuh. Hanya ada beberapa tipe, kami juga masuk di situ, yang bertumbuh,” kata Wilda.

Pencapaian TMDI pada 2015, sebesar 1.388 unit, itu di luar ekspektasi, ujar Wilda. Saat ini TMDI sedang sibuk mendatangkan model-model baru mobil komersial baru dan menambah jumlah dealer menjadi 30 unit pada tahun ini.


kpc/radarriaunet.com