Toyota Minta Insentif Buat Hibrida di Thailand

Administrator - Jumat,10 Juni 2016 - 08:21:27 wib
Toyota Minta Insentif Buat Hibrida di Thailand
mobil Hibrida. mhci

RADARRIAUNET.COM – Pihak Toyota Motor Thailand (TMT) serius meminta kepada pemerintah agar memberikan insentif pajak untuk kendaraan hibrida-listrik (hybrid electric vehicles/HEV). Tujuannya, biar harga HEV semakin murah dan industri bisa mengarahkannya jadi volume ekspor.

Dilansir dari Just Auto, Selasa (6/6/2016), Senior vice-president TMT Suparat Sirisuwanangkura mengatakan bakal meminta hal itu kepada menteri terkait bulan ini. Proposal yang diajukan meliputi pajak bea masuk, pajak cukai, pajak pertambahan nilai, dan pajak mobil.

Pada 2015 sudah ada 70.000 mobil hibrida yang beredar di jalan-jalan Thailand. Bila pemerintah ingin jumlah itu bertambah maka harga ritelnya harus lebih rendah. Caranya dengan insentif, bukan hanya untuk produsen tapi juga pembeli.

TMT adalah produsen yang pertama merakit lokal model hibrida, Prius, di pabrik Chachoengsao sejak 2010. Meski produksinya sedang dihentikan mulai Agustus lalu, TMT masih mencetak massal sedan Camry Hybrid.

Di luar Toyota, Honda juga sudah menghasilkan sedan Accrod hibrida di Thailand. Selain itu Thailand juga jadi tempat lahirnya SUV X-Trail hibrida.



kpc/radarriaunet.com