Riau Mencari Wakil Gubernur, Dewan Tidak Permasalahkan Calon Dari Luar Daerah

Administrator - Kamis,09 Juni 2016 - 12:10:48 wib
Riau Mencari Wakil Gubernur, Dewan Tidak Permasalahkan Calon Dari Luar Daerah
Adanya satu calon Wagubri berasal dari luar Riau tidak menjadi permasalahan dikalangan wakil rakyat. Dewan hanya meminta Wagubri terpilih mengerti tentang Riau yang dikenal dengan Melayu. rtc

RADARRIAUNET.COM - Dua nama disebut-sebut jadi bakal calon wakil gubernur Riau, Ahmadsyah Harrofie dan Ansar Ahmad. Bagi wakil rakyat di DPRD Riau, siapapun yang akan mengisi jabatan tersebut, mesti mengerti dengan falsafah Riau yang terkenal dengan sebutan negeri melayu.

"Melayu dikenal dengan sopan santun, ramah tamah antar sesama. Ini poin penting yang harus diketahui oleh seorang wakil gubernur Riau," kata Husni Tamrin, anggota DPRD Riau dari Partai Gerindra kepada awak media, Senin (06/06/16).

Anggota Komisi C DPRD Riau ini tidak akan mempermasalahkan jika nantinya wakil gubernur Riau diamanahkan kepada orang luar Riau. Baginya, yang terpenting seorang wakil gubernur mesti tahu dengan adat istiadat melayu di Riau.

"Melayu itu ada daratan dan kepulauan. Orang jawa, batak maupun lainnya bisa menjadi wakil gubernur, selagi ia mengerti dengan adat istiadat melayu, apa salahnya," ungkap mantan anggota DPRD Pelalawan ini.

Sementara itu, Yulianti, anggota DPRD Riau dari Partai Demokrat mengatakan, sebaiknya posisi wakil gubernur Riau berasal dari kalangan birokrat yang berpengalaman serta berkompetensi yang bagus.

"Karena pak gubernur adalah seorang politisi pengusaha/pengusaha politisi. Maka menurut saya sebaiknya didampingi oleh seorang birokrat yg berpengalaman dan memiliki kompetensi yang bagus. Apabila persyaratan itu dimiliki oleh seorang putra daerah, maka harus menjadi prioritas orang seperti itu, kenapa mesti cari orang luar daerah," tutupnya.


ary/fn/rtc/radarriaunet.com