Messi Bersaksi di Persidangan Kasus Pajak

Administrator - Kamis,02 Juni 2016 - 17:10:15 wib
Messi Bersaksi di Persidangan Kasus Pajak
Lionel Messi datang ke persidangan kasus pajaknya di Barcelona. REUTERS/Albert Gea/File Photo/Cnn
RADARRIAUNET.COM - Lionel Messi tiba di pengadilan Barcelona untuk memberikan kesaksian pada kasus tuntutan pengemplangan pajak, Kamis (2/6). Beberapa orang yang melewati kantor pengadilan memberikan tepuk tangan bagi penggawa tim nasional Argentina dan FC Barcelona tersebut, sementara beberapa lainnya meneriaki Messi. 
 
Situasi ini kontras ketika ia mendapatkan dukungan suporter Barcelona saat menghadiri pengadilan pada 2013 lalu untuk memberikan bukti-bukti. 
 
Messi dan ayahnya, Jorge Horacio Messi, langsung masuk ke ruang pengadilan tanpa berbicara sedikit pun pada wartawan.
 
Pengadilan dimulai pada Selasa (31/5) lalu. Messi yang memang tidak diwajibkan untuk datang di hari pertama dan kedua memilih untuk absen di dua hari tersebut dengan alasan sedang menderita cedera punggung. Cedera itu ia dapatkan di laga persahabatan melawan Honduras, pekan lalu. 
 
Lionel dan Jorge Horacio Messi dituduh kantor perpajakan Spanyol melakukan pengemplangan pajak pada periode 2007-2009 dengan nilai kerugian hingga 4,2 juta euro.
 
Jika terbukti bersalah, mereka bisa mendekam di penjara dengan hukuman maksimal 22 bulan. Meski demikian, Spanyol memiliki kebiasaan untuk tidak memenjarakan terdakwa yang terbukti bersalah, jika mereka bukan melakukan tindak kejahatan kekerasan, dan jika hukumannya kurang dari dua tahun. 
 
Sidang pada Selasa lalu memperlihatkan bahwa kantor perpajakan Spanyol melakukan 20 kali inspeksi pada Messi dalam penyelidikan yang berlangsung selama tiga tahun terakhir.
 
Menurut kantor penuntut umum, pihak Messi menyembunyikan nilai pendapatan yang sebenarnya dengan menggunakan perusahaan cangkang di Uruguay, Belize, Swiss, dan Inggris. 
 
Setelah mulai diselidiki pada Juni 2013, Messi dan ayahnya telah membayar nilai koreksi pajak kepada otoritas Spanyol sebesar lima juta euro. 
 
Messi pindah ke Barcelona dari kota kelahirannya di Argentina, Rosario, pada 2000 silam. Ia mendapatkan kewarganegaraan Spanyol pada 2005. 
 
Ia berada pada nomor 10 daftar atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia dalam 10 tahun terakhir versi Forbes. Messi diperkirakan memiliki pemasukan US$350 juta pada satu dekade terakhir. 
 
Messi telah mencetak 453 gol dalam 531 penampilan untuk Barcelona di seluruh kompetisi. 
 
Messi juga kapten dari timnas Argentina, dan setelah memberikan kesaksian ia akan langsung bergabung dengan rekan-rekan setimnya untuk menyiapkan diri bertanding di Copa America Centenario. 
 
vws/cnn/radarriaunet.com