Pandangan Umum Pansus DPRD Riau Terhadap Kinerja Pemprov Riau 2015

Administrator - Sabtu,21 Mei 2016 - 16:23:37 wib
Pandangan Umum Pansus DPRD Riau Terhadap Kinerja Pemprov Riau 2015
Fhoto: riausky.com
RADARRIAUNET.COM - Akhirnya Laporan Kerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Provinsi Riau tahun 2015 selesai disusun dan sudah diserahkan kepada panitia khusus (Pansus) Kamis, 19/5/2016 dalam Rapat paripurna DPRD dan pemprov Riau digelar di ruang rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Riau Pekanbaru.
 
Rapat ini dihadiri langsung oleh Plt. Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman beserta dengan seluruh SKPD - SKPD Pemprov riau dan seluruh jajaran dan kepala instansi-instansi vertikal yang ada di lingkup pemerintahan Pemprov riau.
 
Adapun agenda rapat yang digelar 2 sesion ini menyangkut dua poin penting yaitu pemaparan pandangan umum Pansus DPRD Provinsi riau mengenai laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) kepala daerah tahun anggaran 2015, sekaligus rekomendasi dewan dan pendapat akhir kepala daerah. Sedangkan poin yang kedua adalah acara penyerahan rekomendasi DPRD Provinsi riau terhadap laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) kepala daerah tahun 2015.
 
Dalam acara rapat yang dimulai sejak pukul. 11.00 Wib, secara resmi dibuka oleh penyelenggara dalam hal ini adalah DPRD Provinsi Riau. Dalam kesempatan ini, Pansus DPRD yang diketuai oleh Bapak Erizal Muluk ini memberi kepercayaan kepada Bapak Yulisman (Anggota DPRD) Provinsi riau yang sekaligus menjabat sebagai anggota  pansus untuk memaparkan seluruh pandangan umum DPRD provinsi riau atas kinerja pemprov riau dalam menjalankan roda pemerintahan selama tahun 2015.
 
Dalam pidatonya Bapak Yulisman terlihat begitu Tajam, Lugas, dan sangat terkesan kritis dalam memaparkan segala kinerja pemprov riau yang dinilai sangat banyak terdapat kekurangan dan ketidak sesuaian serta di rasakan tidak dapat menyentuh berbagai persoalan masyarakat Provinsi riau. SKPD-SKPD Pemprov riau dinilai banyak yang tidak pro aktif, dan tidak memahami bidang dan tugas pokok fungsinya dalam menjalankan roda-roda pemerintahan. Bahkan dengan terkesan tegas, Bapak Yulisman spontan menghimbau secara langsung kepada Plt. Gubernur riau, " Jika Perlu Pemprov riau harus mengangkat tenaga-tenaga pengawas yang dapat diandalkan untuk menunjang kinerja para SKPD dalam melaksanakan program pemprov riau, " Katanya..
 
Secara khusus Pansus menyoroti kinerja SKPD yang membawai bidang koperasi dan UKM yang dinilai tidak berjalan, serta tidak menunjukkan kinerja dan tupoksi yang diharapkan. Hal itu menjadi indikator rendahnya tingkat kelayakan SDM yang dimiliki oleh Pemerintah provinsi  riau. Menurut Bapak Yulisman, dari segi penyerapan anggaran yang cenderung melambat karena kurangnya keberanian untuk mengambil resiko juga menjadi bukti bahwa pemprov riau tidak mampu meciptakan terobosan-terobosan baru dalam upaya mejawab tantangan dan kebutuhan dalam rangka pembangunan di wilayah Pemerintah Provinsi riau.
 
Terkait dengan pandangan ini, Ketua Pansus LKPJ pemprov riau Bapak Erizal Muluk kapada Harian Radar Riau menyatakan, " LKPJ Pemprov riau tahun 2015 yang telah selesai disusun, tidak begitu saja kami terima. Kami terlebih dahulu mendalami dan memberikan koreksi serta catatan terhadap hal-hal yang kami rasa belum sesuai agar kedepan dapat dilakukan perbaikan seperti yang kita harapkan, " Katanya.
 
Menurut Erizal, Penyusunan dan penyelenggaraan acara rapat ini menjadi agenda khusus dan rapat istimewa yang wajib untuk dilaksanakan. Sedang dari segi penentuan waktu, pemprov riau masih tergolong tepat waktu atau on time, " Katanya.
 
Menyikapi terkait dengan LKPJ Yang mana kerap sarat dengan berbagai penyimpangan khusunya di provinsi riau ini, dan atas pertanyaan Radar Riau tentang apakah tahapan ini sudah mendapatkan audit dari BPK, Erizal Muluk dengan nada ringan menjawab, " Saya tidak tau, Katanya.
 
Menanggapi seluruh pemaparan pandangan umum Pansus LKPJ Pemprov riau tahun anggaran 2015, yang terdengar tajam, lugas dan sangat kritis tersebut, Plt. Gubernur riau dengan nada lembut berusaha menerima dan membenarkan seluruh pandangan pansus yang telah selesai dipaparkan. Dan berharap kedepan segala sesuatu yang dianggap kurang dapat diperbaiki, serta diakhir pidatonya, Plt. Gubernur riau mengucapkan Terimakasih kepada Pansus dan DPRD Provinsi riau.
 
 
 
Feri Sibarani